Jumat, 26 Juni 2015

ILMU BUDAYA DASAR

SOAL :

1. Kompetensi dasar apa yang ingin dicapai setelah anda belajar ILMU BUDAYA DASAR?

2. Apa pendapat kalian tentang perbedaan suku-suku yang ada di Indonesia dapat bersatu menjadi suatu kesatuan yang disebut BHINEKA TUNGGAL IKA yang menjadi dasar Negara Indonesia?

3. Manakah yang benar. Kebudayaan adalah produk manusia atau manusia produk kebudayaan? Jelaskan!


JAWABAN :

1. Kompetensi yang ingin saya dapat dari belajar ILMU BUDAYA DASAR adalah, dapat mempelajari dan memahami budaya-budaya yang terdapat di Indonesia dan dapat mengetahui bagaimana keunikan budaya-budaya yang ada di daerah Indonesia.

2. Pendapat saya tentang perbedaan suku-suku di Indonesia dapat bersatu menjadi satu kesatuan yang disebut BHINEKA TUNGGAL IKA yaitu walaupun budaya-budaya di Indonesia berbeda-beda namun masih saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Selain itu besarnya rasa toleransi antar tiap individu juga menyatukan suku-suku di Indonesia. Indonesia memiliki suku-suku yang berbeda di tiap daerah yang berarti tiap daerah memiliki bahasa daerah tersendiri, tapi walaupun bahasa tiap suku berbeda-beda dapat bersatu dengan satu bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Itulah yang menyebabkan Indonesia dapat bersatu menjadi satu kesatuan.

3. Menurut saya yang benar adalah "Manusia produk Kebudayaan". Karena menurut pendapat saya kepribadian seorang individu timbul karena kebudayaan dari daerah sekitar. Seperti zaman sekarang adalah zaman dimana gadget sudah menjadi barang pokok. Masyarakat Indonesia sudah sangat bergantung pada gadget bahkan saat berkumpul dengan keluarga atau teman sudah terlihat jarangnya terjadi komunikasi antar individu yang dimana para individu tersebut lebih mengutamakan gadget. Dan anak-anak zaman sekarang sudah tidak bisa merasakan keasyikan permainan-permainan tradisional yang lebih mengutamakan kekeluargaan, tapi anak-anak sekarang sudah mulai terpengaruh pada gadget dan lebih bersifat individual. Itulah mengapa saya lebih memilih "Manusia produk Kebudayaan" karena kepribadian manusia ditentukan oleh kebudayaan di daerah sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar