Rabu, 23 Maret 2016

KEBUDAYAANKU

Budaya adalah sesuatu yang bisa dibilang kebiasaan atau ciri khas yang sudah terlahir dari nenek moyang kita dan sudah berjalan secara turun - temurun. Budaya juga bisa terkait dengan keluarga bahkan lingkungan sekitar. Indonesia adalah sebuah negara yang memilki beragam kebudayaan seperti, Suku Jawa, Sunda, Batak, Ambon, dsb. Sedangkan Saya terlahir dari Ayah dan Ibu dengan kebudayaan yang sama yaitu Suku Jawa. Ayah dan Ibu Saya terlahir di Kabupaten Kebumen. Namun Ayah dan Ibu saya dipertemukannya di Jakarta. Walaupun merantau ke Jakarta Ayah dan Ibu Saya tetap menggunakan adat istiadat Suku Jawa seperti, Upacara Pernikahan yang diadakannya sesuai dengan Kebudayaan Suku Jawa, saat sedang mengobrol tetap menggunakan bahasa Jawa, kemudian ada upacara "kendurenan" atau berdoa dengan para tetangga atas hari lahir seseorang atau rumah baru, upacara kendurenan saat ada orang yang sudah meninggal biasanya diadakan 3 hari sesudah orang tersebut meninggal, 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1 tahun, 2 tahun dan 1000 hari. Itulah kebudayaan Suku Jawa yang Saya ketahui, dan masih ada lagi kebudayaan dari Suku Jawa yang lainnya.

Sekarang Saya dan Keluarga menetap di Jakarta, namun budaya Suku Jawa seperti yang disebutkan diatas tetap dilestarikan dan tetap berjalan. Hal ini dikarenakan penghuni Jakarta adalah orang - orang yang berasal dari luar Jakarta. Buktinya saja saat lebaran Kota Jakarta sangat lengang karena penghuninya kembali ke kampung halaman untuk silaturahmi atau disebut juga pulang kampung. Untuk keluarga saya sudah jarang pulang kampung karena Kakek dan Nenek Saya sudah meninggal jadi jika pulang kampung hanya silaturahmi dengan tetangga atau kawan lama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar